Saturday, March 30, 2024

Ramadhan Tarawih Prayer, how to embrace it

 


bagi saya,  bulan ramadhan adalah bulan yang menyenangkan. saya senang sekali setiap kali ramadhan datang karena ada hal hal yang rasanya lebih hore kalau itu dilakukan saat ramadhan, seperti berburu kue ketika mau berbuka a.k.a berburu takjil, buka puasa bersama (walaupun saya selalu langsung kabur tidak lama setelah adzan magrib berkumandang), rapat di kantor terkait kegiatan kegiatan menjelang lebaran seperti teknis pembagian parcel dan sembako, dan persiapan serta aktifitas menjelang lebaran di rumah seperti belanja lebaran, bikin buras, soto banjar dan apapun itu yang intinya saya ga boleh ke kantor untuk tugas mulia ngupas bawang. karena perusahaan punya bapak saya jadi ya saya nurut aja disuruh apapun sama orang tua saya HAHAHAHAHA. 

terlepas dari semua keriaan yang hanya terjadi di bulan ramadhan, saya paling suka saat salat tarawih dan melakukan ibadah sunnah saat malam ganjil. 

solat tarawih adalah salat yang istimewa. ada hadist sahih yang menjelaskan keistimewaan salat tarawih di setiap malam pelaksanaannya. seperti tarawih di malam ke-9, siapapun yang melaksanakan solat tarawih di malam ke-9 ramadhan, Allah beli dia pahala seperti pahala ibadah para nabi. atau tarawihn malam ke-10 yang akan Allah beri rejeki yang banyak di dunia dan lebih banyak di akhirat. 

selain itu, karena salat wajib saya ga mungkin sempurna, maka saya harus rajin salat sunnah. nah, salat tarawih ini kan rakaatnya banyak jadi nanti di hadirat Allah bisa gitu lhoo nambal nambal solat wajib saya yang utangnya lumayan karena saya sering traveling itu. serajin rajinnya saya salat dhuha ga akan bisa 20 rakaat juga kan ya dan tentu aja ga mungkin bisa konsisten sebulan.  

saya lupa hadist-nya, tetapi apa yang kita lakukan selama sebulan ramadhan itu menentukan bagaimana kehidupan kita selama 12 bulan setelahnya sampai ketemu ramadhan selanjutnya. karena saya ini ambis, tidak ingin hidup sebagai mediocre dan rencana traveling saya banyak maka saya sudah membuktikan itu selama 3x ramadhan. semakin effort saya selama ramadhan, semakin moncer hidup saya 12 bulan setelahnya. 

nah, gimana caranya bisa bertahan konsisten 23 rakaat setiap malam selama tidak haid itu? saya merangkum beberapa hal yang memang harus diperhatikan yaitu : tempat, pakaian, mukena, sajadah, air putih dingin dan aktifitas seharian. 

yang pertama adalah tempat. harus bener bener cari tempat tarawih yang kita beneran nyaman di hati, karena fokus saat tarawih itu ga gampang dapetinnya. kalau memang ga ada tempat yang pas, ya solat di rumah aja, karena rumah adalah tempat yang paling bisa kita kondisikan gimana nyamannya kita. 


kalau saya tarawih, saya selalu pakai baju kaos paling nyaman dan celana olahraga. karena setelah tarawih biasanya baju saya basah karena keringat (yang semoga bulir bulir keringat itulah yang menggugurkan dosa dosa) dan gerakan salat tarawih itu kan gerakan yang berulang ulang, jadi saya paling nyaman pakai celana olahraga. dulu pernah rutin pakai celana tidur, tapi ga nyaman sendiri karena dari kecil ga pernah keluar rumah pakai celana tidur. kalaupun keluar pake celana tidur biasanya saya ga turun dari mobil.

pernah juga saya tarawih 23 rakaat pakai celana bahan kantor. cukup sekali dan tidak akan pernah lagi saya ulangi. 

mukena yang dipakai saat ramadhan itu maksimal dipakai 3 hari, lebih dari itu sudah ga nyaman lagi dan sudah pasti susah bangun fokus. dan saya selalu pakai sajadah karpet yang lebar. walaupun katanya lebih nyaman pakai sajadah kasur, tapi saya belum pernah coba. intinya adalah kalau tarawih itu ga bisa pake sajadah tipis karena waktu kita berada di sajadah saat itu cukup lama. 

sebagai gambaran, di tempat saya tarawih itu mulai takbir isya' sekitar jam setengah 8 lebih dan baru selesai jam 10 malam. kebayang kan apa yang terjadi kalau memutuskan pakai sajadah tipis :) 

puasa itu adalah ibadah paling capek bagi saya. saya si tukang makan dan si paling ga bisa kalo ga ada es batu untuk minum dan si paling ga tahan panas ini harus menahan itu semua selama matahari ada, tentu saja itu sama sekali tidak mudah. wajarlah kalo di sebuah kitab kuning disebutkan berpuasa itu seperti berdzikir tanpa henti sepanjang hari. 

karena puasa itu adalah berdzikir sepanjang hari, hal yang wajib dilakukan seharian itu adalah me-manage energi dengan baik. karena kalau terlalu di forsir, habis buka puasa itu sudah ga punya tenaga dan malah enggak tarawih. biasanya kalo ramadhan gini saya kurang kurangin tuh main HP dan ketemu orang orang. menjadi introvert kan energinya gampang abis ya. makanya saya dalam sebulan itu jarang sekali ketemu orang selain anak kantor saya, dan saya juga jarang hadir langsung di acara buka bersama. 

karena waktu dan energi untuk salat tarawih itu berharga. karena salat tarawih itu hanya bisa dilakukan 11 bulan sekali. karena salat tarawih itu istimewa. 

terima kasih sudah membaca postingan ini. 
jangan lupa salat tarawih ya.

No comments:

Post a Comment